Posted by chandra s on May 11th, 2011 in Belajar Auto CAD

Meskipun masih sangat sederhana, AutoCAD bisa membuat animasi walkthrough. Sebenarnya fasilitas ini lebih bersifat kepada navigasi 3D pada AutoCAD. Fitur ini sudah dikenalkan sejak AutoCAD 2007. Kita bisa melakukan navigasi 3D seolah kita berjalan (walk) atau terbang (fly) seperti kita bermain pada game first pers

on shooter. Untuk melakukan navigasi kita menggunakan mouse dan tombol arah pada keyboard atau tombol A,S,D,W.

Untuk menggunakan fasilitas ini tentunya perlu dukungan harware yang memadai untuk aplikasi 3D. Untuk berlatih, saya sarankan buatlah objek 3D sederhana saja. Setelah mahir, coba deh di project sesungguhnya🙂 .  Misalnya saya coba membuat gambar 3D sederhana seperti berikut ini:

Kalau mau coba dengan gambar yang sama, filenya bisa download di sini.

Walk

Kita bisa menggunakan fasilitas walk pada steering wheel.

Klik dan drag pada tombol ‘walk’. Pada layar akan tampil arahan untuk mulai navigasi ‘walk’. Arahkan mouse untuk mulai menjelajahi objek 3D pada gambar.

3DWALK, 3DFLY dan WALKFLYSETTINGS

Kita bisa langsung mengetikkan perintah 3DWALK, 3DFLY atau WALKFLYSETTINGS atau mengaksesnya melalui ribbon > Home > Render > Animation

Yang membedakan 3DWALK dengan 3DFLY adalah ketika kita menggunakan 3DWALK  kita bergerak pada bidang X-Y, sedangkan dengan 3DFLY kita bergerak bebas tidak terikat pada arah X-Y-Z. Cobalah gunakan salah satu perintah tersebut. Gunakan tombol arah pada keyboard atau tombol huruf A,S,D dan W.

Pada layar akan ditampilkan ‘Position Locator’. Cobalah atur beberapa parameter yang ada disana. Kita juga bisa klik kanan pada mouse untuk menampilkan context menu.


Untuk mengatur langkah dalam navigasi gunakan Walk and Fly Settings

Kita bisa merekam walkthrough yang kita lakukan. Gunakan tombol ‘record’ pada Animations panel, dan klik pada tombol Stop untuk menyimpan file video.

Untuk mengatur animasi hasil rekaman seperti video format dan resolusinya, gunakan Animation Settings pada context menu.

Sebelum kita yakin untuk menyimpan animasi kedalam bentuk video yang kita inginkan, kita bisa melihat previewnya terlebih dahulu.

Kita bisa menampilkan objek 3D yang kita rekam dalam beberapa visual style yang berbeda-beda.

Selamat berlatih, semoga bermanfaat.