Posted by chandra s on March 1st, 2011 in Belajar Auto CAD, Auto CAD Dasar.

Dalam bekerja dengan AutoCAD mau tidak mau anda akan membutuhkan yang namanya mengzoom (membesar/mengecilkan) gambar, nah tutorial kali ini akan membahas tentang cara mengzoom gambar.
Ada beberapa teknik mengzoom gambar yang sering saya gunakan, saya harap anda akan mudah memahaminya. Perhatikan toolbar yang akan kita gunakan untuk menzoom gambar di atas layar kerja autocad anda, cara menggunakan:

Pertama

Klik toolbar zoom realtime
Klik di layar kerja autoCAD jangan dilepas kliknya
Geser mouse:
Kearah Atas ‐ meperbesar objec gambar
Kearah Bawah ‐ mengecilkan objec gambar

Kedua :

Bila anda ingin membesarkan bagian tertentu saja dari objec gambar anda, maka anda juga bisa menggunakan cara zoom di bawah ini :

Klik toolbar Zoom Windows 
Buat jendela di bagian gambar yang akan anda besarkan. cara membuat jendela lihat cara zoom windows sudut kiri bawah gambar segi emapat di bawah ini:

Hasilnya akan seperti ini:

 

Untuk mengembalikan kekeadaan semula, sebelum gambar anda di zoom,

tinggal anda Klik toolbar zoom previous  

Teknik ini bisa anda ganti dengan TOMBOL SCROOL MOUSE anda, ini lebih praktis dari pada cara di atas. Dengan teknik ini anda bisa mengzoom bagian tertentu dari gambar anda. Anda tinggal mengarahkan pointer mouse anda kegambar yang akan anda zoom dan silakan anda gerakkan scrool mouse anda keatas (memperbesar) atau kebawah (mengecilkan).

sedangkan untuk mengzoom seluruh gambar ataupun menampilkan seluruh gambar anda di layar kerja AutoCAd anda bisa menggunkan teknik sebagai berikut:

Ketik: Z ‐ Enter

Ketik: A ‐ Enter

Teknik ini dinamakan zoom all (mengzoom seluruh gambar yang kita buat di AutoCAD. ini sangat penting anda ingat sebagi pemula karena bila anda lupa membatasi layar kerja maka waktu anda menggambar gambar anda akan terlihat sebagian di layar autoCAD maka silakan anda gunakan teknik zoom all ini .

 

MENYELEKSI OBJEC DALAM AUTOCAD

Menyeleksi gambar dalam autocad sama juga dengan memblok gambar. Kegunaan dalam meyeleksi gambar tentu saja untuk mengadakan modifikasi terhadp objec yang bersangkutan.

Ada 3 teknik menyeleksi gambar yang bisa kita terapkan dalam layar kerja autocad, saya harap anda akan menguasai ketiga teknik seleksi ini yang akan kita bahas dalam autocad tutorial kali ini.
ketiga teknik ini penting sekali anda kuasai karena akan sangat membantu pekerjaan anda dalam membuat objec atau gambar nantinya. Yup ayo kita mulai teknik seleksi berikut ini:

Pertama:

Klik ‐ Berarti anda harus mengarahkan pointer mouse anda ke salah satu objec yang akan anda seleksi kemudian anda klik. Teknik ini efektif untuk memilih hanya satu objec saja. Bila objec yang akan anda seleksi banyak maka teknik ini tidak efektif lagi.

Kedua:

Windows ‐ Berarti anda harus membuat semacam jendela pada objec yang akan anda seleksi. caranya sama dengan anda mengzoom windows objec yaitu klik di sebelah kiri atas objec ‐ tarik menyilang ke arah bawah kanan objec ‐ kemudian di klik (ingat tips 11). syaratnya semua objec yang akan anda pilih harus masuk dalam ruangan windows yang anda buat, bila tidak tentu saja tidak akan ikut tereseleksi.

Ketiga:

Crossing ‐ Berarti anda menyeleksi gambar dari arah kanan objec. Dengan teknik ini objec yang terkena garis crossing walaupun sedikit tetap akan terseleksi. Garis crossing yang terbentuk adalah garis putus‐putus.

Selamat Mencoba …!!!