Posted by chandra s on Feb 24th, 2011 in Belajar Auto CAD, Auto CAD Dasar.

Model (layar kerja) dalam autocad terdiri dari koordinat absolut yang sangat luas.
Bila tidak kita batasi maka gambar yang kita hasilkan bisa tidak tampak disebagian layar, dan ini dalam banyak kasus membingungkan para pemula dalam belajar autocad.
Untuk mendapatkan layar kerja yang maksimal,maka kita perlu membatasi layar kerja auto CAD, sebaiknya sebesar kertas yang akan kita gunakan untuk mencetak gambar.

Cara membatasi layar kerja, mis : ukuran 1000,1000.

Ketik : limit – enter

masukan koordinat batas bawah layar : 0,0 – enter

masukan koordinat batas atas layar: 1000,1000 ‐ enter

ketik: Z ‐ enter

ketik: A ‐ enter

Yang perlu anda ketahui:

Angka yang anda masukan dalam autocad dengan menggunakan tanda koma akan dibaca sebagai koordinat sedangkan menggunakan tanda titik akan dibaca sebagai angka berkoma.

contoh:
10,15 berarti berada pada titik koordinat x=10 dan koordinat y=15
10.5 berarti akan dibaca sebagai angka 10 koma 5

Satuan (Units)

Satuan standar dalam autocad adalah INCHI, sedangkan Untuk menentukan satuan yang kita gunakan bisa dengan perintah sebagai berikut :

ketik: UN ‐ enter
maka tampil jendela berikut dan silakan di atur jenis satuan yang akan di atur:

KOORDINAT ABSOLUTE VS KOORDINAT RELATIF DI AUTOCAD

Perhatikan lagi interface autocad di atas, di sebelah kiri bawah layar terdapat sumbu X dan Y. Artinya bahwa lembar kerja AutoCAD terdiri dari koordinat kartesius absolute (sebenarnya). Tentu anda masih ingat pelajaran SMP ato SMA tentang koordinatkan!!!!!!
Ya, saya harap anda masih ingat dan hapal, tapi tidak ada salahnya kita bahas untuk mengingat dan menyegarkan lagi ingatan kita. Bagi anda pemula dalam belajar AutoCAD, saya harap anda benar‐benar memahami sistem koordinat yang berlaku di autocad karena akan sangat menentukan penguasaan anda dalam menggambar di autocad ke depannya.
Perhatikan gambar koordinat di bawah ini:

Sistem koordinat ini berlaku dalam autocad, dan penting anda ingat bahwa saat anda membuat gambar di autocad berarti anda sedang bekerja di sistem koordinat, jadi setiap object yang kita buat sebenarnya berada di koordinat tertentu. Dalam autocad untuk memasukkan nilai koordinatnya anda harus hapal letak atau arah objec yang akan anda buat sesuai dengan tata letak koordinat kartesius di atas.
Dalam autocad R.2005 keatas koordinat yang berlaku di layar kerja AutoCAD adalah koordinat relatif. Arti koordinat relatif adalah koordinat yang mengangap tempat kita mengklik pertama kali di layar AutoCAD untuk membuat objek adalah titik 0,0. Koordinat relatif ini sangat membantu dalam pembuatan objec di autocad.
Untuk menonaktifkan koordinat relatif pada autocad 2005 keatas cukup dengan menonaktifkan panel     , tapi pada saat anda akan membuat objec yang menggunakan sistem koordinat relatif, anda harus mengetikan tanda @ sebelum anda memasukkan koordinatnya. Tanda @ harus selalu anda pakai bila membuat object dalam autocad 2004 ke bawah.

Selamat belajar Autocad.